Senin, 04 April 2011

Area Penangkaran SKL

Berdiri diatas lahan seluas 2,4 hektar di Jatibarang, Indramayu, SKL menunjukkan totalitas sebagai breeder murai batu yang terbesar di Indonesia. Untuk tahap awal, sebuah gedung olahraga terlantar yang berada disekitar area tersebut langsung diambil alih dan disulap menjadi area penangkaran. Didalam gedung tersebut dibangun beberapa blok terpisah.

Blok 1 seperti foto dibawah ini, diisi 6 kandang breeding.

 Blok 2 dan 3 masing-masing berisi 6 kandang.

Sementara blok 4 berisi 5 kandang.

Dan blok 5 yang diisi 8 kandang.



Untuk pengembangan tahap kedua, saat ini sedang berlangsung pembangunan gedung seluas +/- 300 meter persegi.


Kedepannya, diarea tersebut juga akan dibangun komplek perumahan untuk karyawan SKL, beberapa bungalow untuk tamu SKL, kolam pemancingan serta kebun buah-buahan. Tidak ketinggalan juga akan dibuat arena untuk latihan bersama.

7 komentar:

  1. Bila berkenan mohon di sharing cara pembuatan kandang breeding MB di SKL, trims / Dery Damn

    BalasHapus
  2. Sy Punya 1 Ekor Produk SKL dengan Warna Ring Hitam Kode : "SKL jtb 88", Umur Sekitar 6bln Jika Boleh Tau Anakan Dari Induk Mana Produk tsb. Trimakasih Sebelumnya. Awan Depok

    BalasHapus
  3. Om Dery mau tambah kandang lg ya..

    BalasHapus
  4. kalo cara ternak murai batu lampung susah ga ? terus kalo harga betina nya kisaran berapa ?

    BalasHapus
  5. @Dery Damn: Ukuran kandang ternak SKL adalah sebagai berikut. Panjang = 2.0 meter, tinggi 2,7 meter. Sedangkan lebar bervariasi sesuai dengan lahan yang tersedia. Lebar kandang ternak di blok 1 dan 2 adalah 1,5 meter. Sementara di blok 3 dan 4 = 1,35 meter.

    BalasHapus
  6. @Awan Depok : Ring SKL jtb 88 warna hitam adalah anakan dari indukan kandang 8.

    BalasHapus
  7. @Ariyantofauzi:Pada dasarnya beternak Murai Batu sama aja. Masalahnya bukan asal daerah tapi settingan birahi dan kandang ternak yang nyaman lebih menentukan. Harga betina saat ini berkisar Rp 500rb - 1,5 juta.

    BalasHapus